NEW MEDIA



Definisi New Media
New Media terdiri dari 2 kata yaitu New dan Media. New yang berarti Baru dan Media yang berarti Perantara. Jadi New Media merupakan Sarana perantara yang baru. Baru dalam arti disini dilihat dari segi waktu, manfaat, produksi, dan distribusinya. New Media juga dapat disebut sebuah istilah yang dimaksudkan untuk mencakup kemunculan digital, komputer, atau jaringan teknologi informasi dan komunikasi di akhir abad ke-20. Sebagian besar teknologi yang digambarkan sebagai “media baru” adalah digital, seringkali memiliki karakteristik dapat dimanipulasi, bersifat jaringan, padat, mampat, interaktif dan tidak memihak. Beberapa contoh New Media adalah Internet, website, komputer multimedia, permainan komputer, CD-ROMS, dan DVD.
New Media merupakan sebuah terminologi untuk menjelaskan konvergensi antara teknologi komunikasi digital yang terkomputerisasi serta terhubung ke dalam jaringan. Contoh dari media yang sangat merepresentasikan media baru adalah Internet. Program televisi, film, majalah, buku, suratkabar, dan jenis media cetak lain tidak termasuk media baru.

Pandangan tentang New Media
Menurut McLuhan, kehadiran New Media dapat membuat sebuah proses komunikasi menjadi global, sehingga menyebabkan mengapa dunia saat ini disebut dengan Global Village. McLuhan mengatakan bahwa dunia akan menjadi satu desa global (Global Village) dimana produk produk yang ada akan menjadi cita rasa semua orang. Global Village menjelaskan bahwa tidak ada lagi batas waktu dan tempat yang jelas. Informasi dapat berpindah dari satu tempat ke belahan dunia lain dalam waktu yang sangat singkat dengan menggunakan teknologi internet. Global Village adalah konsep mengenai perkembangan teknologi komunikasi di mana dunia dianalogikan menjadi sebuah desa yang sangat besar. McLuhan memperkenalkan konsep ini pada awal tahun 60-an dalam bukunya yang berjudul Understanding Media: Extension of A Man. Konsep ini berangkat dari pemikiran McLuhan bahwa suatu saat nanti informasi akan sangat terbuka dan dapat diakses oleh semua orang

Manuel Castells mengatakan, ia mengemukakan bahwa bukanlah sebuah ‘desa’ yang dikatakan seragam , melainkan masyarakat dalam jaringan global yang saling terhubung lewat New Media, Network society. Menurutnya, media tidak lagi merupakan Media Massa melainkan menjadi media jaringan, atau jaringan interaktif multimedia, yang akan menjadikan komunikasi dunia suatu jaring-jaring raksasa, suatu dunia yang saling terhubung.
Di ibaratkan sebagai berikut: manusia sebagai laba-laba yang membangun jaring-jaringnya, dimana teknologi informasi dalam berbagai fitur dan bentuk sebagai new media elektronik interaktif yang hidup di tengah jaringan tersebut. Jaring-jaring tersebut menjadi sarang dan alat untuk mencari makan, dimana laba-laba dan jaring adalah bentuk yang tak terpisahkan.
Teori Castells tentang network society adalah sebuah bentuk jaringan yang mewakili morfologi sosial baru sebuah masyarakat dan penyebaran logika networking secara substansial memodifikasi operasi dan hasil di dalam proses produksi, pengalaman, kekuasaan, dan budaya.
Menurut Pandangan penulis ,new media merupakan sesuatu yang baru yang muncul di abad ke-20 yang diibaratkan  seperti “ Sistem Pernafasan media sebagai darahnya( Perantara) dan manusia sebagai oksigennya(Pengguna) dimana darah  terus mengalirkan Oksigen ke paru-paru jantung dan seluruh Tubuh sehingga satu sama lain saling berhubung dan membentuk suatu sistem yang dinamakan  SISTEM PERNAFASAN dan satu sama lain mempunyai peranan yang sangat penting,tanpa darah oksigen taakan mengalir dan tanpa oksigen maka tidak ada sistem pernafasan”.Maka dari itu antara Media dan Pengguna sangat berhubungan erat dan mempunyai peranan yang penting dalam menciptakan new media atau Media Baru ,karena Media Baru tercipta dari kebutuhan para pengguna nya untuk saling berhubungan dengan perantara media contohnya Jejaring social,yang sangat berpengaruh besar dalam Perkembangan Teknologi, Komunikasi dan informasi.


Manfaat New Media
Manfaat New Media sangat banyak kita temukan dalam kehidupan sehari-hari ,seperti beberapa bidang-bidang berikut ini:

-Bidang Pendidikan
Dapat menjadi sarana belajar dan saling bertukar informasi untuk pelajar  bahkan  dapat digunakan untuk  mencari sumber informasi seperti Wikipedia dll, serta sistem baru yang disebut E-learning yang memudahkan sistem pembelajaran.

-Bidang Bisnis
Sangat berguna sebagai perantara Jual beli secara online sehingga memudahkan para penjual maupun pembeli untuk bertransaksi contohya seperti Zalora, Elevenia, Instagram dan Online Shop lainnya.

-Bidang Sosial
New media berpengaruh besar dalam bidang Sosial atau disebut Jejaring sosial yang berfungsi sebagai medium komunikasi bagi para pengguna internet untuk bersosialisasi contohnya facebook, Twitter, Hello, What’s up dan media sosial lainnya.

-Bidang Informasi(berita)
New Media memegang peranan penting dalam bagian ini karena berfungsi sebagai penghantar informasi  dan memberitakan kabar-kabar atau hal-hal yang terbaru untuk para pembaca nya. Contoh : kompas.com dan detik.com.

-Bidang Pekerjaan
Sebagai media untuk mencari, memberitakan, memuat sebuah lowongan kerja sehingga memudahkan para penggunanya. Contoh : jobstreet.co.id.

Komponen New Media
a. Produsen : yang membuat new media tersebut
b. Distributor : yang menyalurkan kepada konsumen
c. Konsumen : yang memakai atau menggunakan new media

Contoh Aplikasi New Media
1.      Facebook
2.      Twitter
3.      Youtube
4.      Wikipedia
5.      Path
6.      Detik.com
7.      Google
8.      Zalora.co.id
9.      Instagram
10.  Yahoo

Sumber:
http://jhens-fernando.blogspot.com


Komentar

Postingan populer dari blog ini

masalah sosial

TUGAS 5 PENGANTAR BISNIS INFORMATIKA

TUGAS 3 PENGANTAR KOMPUTASI MODERN