5 Contoh New Media
1)
Twitter
Twitter adalah layanan jejaring sosial dan mikroblog
daring yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan berbasis
teks hingga 140 karakter, yang dikenal dengan sebutan kicauan (tweet). Twitter
didirikan pada bulan Maret 2006 oleh Jack Dorsey, dan situs jejaring sosialnya
diluncurkan pada bulan Juli. Sejak diluncurkan, Twitter telah menjadi salah
satu dari sepuluh situs yang paling sering dikunjungi di Internet, dan dijuluki
dengan "pesan singkat dari Internet." Di Twitter, pengguna tak
terdaftar hanya bisa membaca kicauan, sedangkan pengguna terdaftar bisa
memosting kicauan melalui antarmuka situs web, pesan singkat (SMS), atau
melalui berbagai aplikasi untuk perangkat seluler.
Twitter dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter, Inc., yang berbasis di San Francisco, dengan kantor dan server tambahan terdapat di New York City, Boston, dan San Antonio.
Istilah-Istilah di Twitter
Twitter dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter, Inc., yang berbasis di San Francisco, dengan kantor dan server tambahan terdapat di New York City, Boston, dan San Antonio.
Istilah-Istilah di Twitter
·
Reply: istilah ini digunakan jika kita ingin membalas
tweet yang ditujukan pada kita. Maka dari itu, jika ingin memberi merespon atau
membalas tweet orang yang kita ikuti bisa dengan klik tombol “Reply”.
·
ReTweet atau RT: istilah ini artinya mengulang dan
digunakan untuk men-Tweet ulang Tweet seseorang yang kita anggap penting,
bermanfaat, atau keren. Sehingga apa yang kita ReTweet tersebut akan dilihat
juga oleh follower kita.
·
Follower (pengikut): istilah ini digunakan bagi mereka
yang menjadi pengikut kita di Twitter. Para follower ini akan mendapatkan
update dari tweet yang kita buat.
·
Following (mengikuti): istilah digunakan untuk akun
twitter yang di ikuti. Maka jika kita mengikuti (following) akun twitter orang
lain maka kita juga akan menerima update dari mereka.
·
@ (mention) : simbol @ tersebut disebut juga Mention yang
berfungsi untuk memberi pesan atau seruan yang ditujukan pada orang yang follow
kita. Misalnya menulis tweet “@Guecakep di tunggu traktiranya “, artinya pesan
tersebut menyeru pada pemilik akun
twitter dengan ID Guecakep.
·
Trending Topic: Merupakan istilah yang digunakan untuk
topik atau isu yang sedang booming ramai dibahas di Twitter. Trending topik ini
bisa menampilkan topik trend secara global maupun regional, tergantung
pengaturan kita.
·
Direct Message (DM) : Fitur yang digunakan untuk mengirim
pesan pribadi dan hanya akan dilihat oleh penerima DM saja.
·
Trending Topic: istilah ini merupakan istilah pada topik
atau isu yang sedang booming ramai dibahas di Twitter, bisa secara global di
dunia atau trending di negara sendiri saja tergantung pengaturan kita untuk
menampilkan trending topik global atau regional.
·
Favorites: adalah fitur baru dari twitter yang berfungsi
untuk menyimpan Tweet sehingga bisa dibuka lagi sewaktu-waktu.
·
Connect : ini adalah fitur baru Twitter Connect yang
berfungsi untuk mengetahui segala aktifitas yang terjadi di twitter, mulai dari
mention, retweet, tweet favorit, orang yang mem-follow, dan interaksi pengguna
dengan pengguna lain.
·
Discover : Fitur yang satu ini berfungsi agar kita bisa
mengikuti perkembangan yang sedang menjadi topic hangat atau trending topic
internasional maupun regional misalnya di Indonesia saja.
·
Embed tweet on your websites : Bagi yang aktif di dunia
blogging atau news, fitur ini sangat bermanfaat. Fungsinya yaitu memasukan
tweet di atikel blog maupun website.
Ø Kelebihan
- Alat komunikasi yang murni dan cepat tanggap
- Menjangkau lebih luas tidak hanya antara teman
- Sangat interaktif, extensible messaging platform dengan API terbuka
- Potensi periklanan di masa mendatang atau perusahaan berbasis langganan
- Alat komunikasi yang murni dan cepat tanggap
- Menjangkau lebih luas tidak hanya antara teman
- Sangat interaktif, extensible messaging platform dengan API terbuka
- Potensi periklanan di masa mendatang atau perusahaan berbasis langganan
Ø Kekurangan
- Dibatasi sampai 140 karakter per update
- Mudah disalahgunakan untuk spam dan meningkatkan tingkat kebisingan
- Belum ada strategi keuangan yang mudah dan jelas
- Tidak semua orang menemukan manfaat langsungnya
- Dibatasi sampai 140 karakter per update
- Mudah disalahgunakan untuk spam dan meningkatkan tingkat kebisingan
- Belum ada strategi keuangan yang mudah dan jelas
- Tidak semua orang menemukan manfaat langsungnya
Ø Manfaat
Menggunakan Twitter
o
Media Silaturahmi
o
Mendapatkan Berita Terkini
o
Mendapatkan Motivasi dari Tweets User
o
Sumber Penghasilan
Ø Cara
Menggunakan Twitter
o
Melengkapi Profil Twitter
Setelah memiliki akun twitter hal pertama yang harus dilakukan yaitu melengkapi halaman profil. Hal ini bertujuan agar akun pengguna tampak baik di mata pengguna lain yang mungkin akan Follow/ mengikuti akun anda. Isilah informasi profil semenarik mungkin sesuai kriteria anda.
Setelah memiliki akun twitter hal pertama yang harus dilakukan yaitu melengkapi halaman profil. Hal ini bertujuan agar akun pengguna tampak baik di mata pengguna lain yang mungkin akan Follow/ mengikuti akun anda. Isilah informasi profil semenarik mungkin sesuai kriteria anda.
o
Menulis Tweet/ Kicauan
Tweet atau kicauan merupakan fasilitas yang digunakan untuk menulis apa yang ingin kita informasikan. Tweet ini seperti halnya dengan update status di facebook. Tweet yang kita buat akan terlihat juga oleh orang yang mengikuti kita/ Follow kita. Pengguna dibatasi menulis tweet hanya sampai 140 karakter. Pengguna tidak harus menulis artikel saja, bisa juga membagi link informasi yang bermanfaat bagi para pengikut/ follower.
Tweet atau kicauan merupakan fasilitas yang digunakan untuk menulis apa yang ingin kita informasikan. Tweet ini seperti halnya dengan update status di facebook. Tweet yang kita buat akan terlihat juga oleh orang yang mengikuti kita/ Follow kita. Pengguna dibatasi menulis tweet hanya sampai 140 karakter. Pengguna tidak harus menulis artikel saja, bisa juga membagi link informasi yang bermanfaat bagi para pengikut/ follower.
o
Diskusi Membahas Topik Tertentu
Twitter memberi fasilitas bagi pengguna yang ingin membahas topik tertentu dan bisa diikuti oleh seluruh pengguna yang membahasa topik serupa. Fitur tersebut berupa hastag (#) misalnya pengguna membuat Tweet ” #iLoveMonday kembali ke rutinitas ” maka tweet tersebut juga akan dilihat pengguna twitter lain menggunakan hastag serupa #iLoveMonday.
Twitter memberi fasilitas bagi pengguna yang ingin membahas topik tertentu dan bisa diikuti oleh seluruh pengguna yang membahasa topik serupa. Fitur tersebut berupa hastag (#) misalnya pengguna membuat Tweet ” #iLoveMonday kembali ke rutinitas ” maka tweet tersebut juga akan dilihat pengguna twitter lain menggunakan hastag serupa #iLoveMonday.
o
Atau juga bisa dilihat videonya di https://www.youtube.com/watch?v=lYARVA1d_TA
2)
Yahoo Messenger
Yahoo pertama
kali didirikan secara tidak sengaja oleh dua orang mahasiswa Ph.D Teknik
Elektro di Stanford University, bernama David Filo dan Jerry Yang. Jerry Yang
merupakan seorang pemuda Asia asal Taiwan yang ketika itu kuliah mengambil
program Ph.D. di Electrical Engineering Stanford University di Amerika. Jerry
dengan teman sekampusnya David Filo memulai proyek mereka pada Februari 1994.
Yahoo! pada awalnya hanyalah semacam bookmark (petunjuk halaman buku), ide itu berawal pada bulan April 1994, di mana saat itu dua orang alumni Universitas Stanford mendapat liburan ketika profesor mereka pergi ke luar kota karena cuti besar. Dua mahasiswa tersebut tidak membutuhkan waktu lama untuk mengkompilasi sebuah daftar bookmark yang besar, yang dikelompokkan berdasarkan subyek. Kemudian mereka berpikir untuk memasukannya di web, dan mulai bekerja membuat sebuah program database untuk menanganinya sehingga dapat memberikan hasil secara online.
Domain yahoo.com dibuat pada tanggal 18 Januari 1995. Karena Yang dan Filo menyadari potensi besar yang dimiliki oleh website mereka ini, akhirnya pada tanggal 1 Maret 1995, Yahoo diresmikan sebagai badan hukum.
Yahoo juga diversifikasi menjadi portal web. Pada akhir 1990-an, Yahoo!, MSN, Lycos, Excite, dan portal web lainnya mengalami perkembangan yang sangat pesat yang menyebabkan masing-masing portal web berlomba untuk memperluas jangkauan layanan mereka agar para pengguna internet lebih lama singgah pada portal web mereka. Cara yang mereka lakukan adalah dengan mengakuisisi perusahaan-perusahaan lain yang bisa menyediakan servis yang mereka inginkan.
Yahoo! pada awalnya hanyalah semacam bookmark (petunjuk halaman buku), ide itu berawal pada bulan April 1994, di mana saat itu dua orang alumni Universitas Stanford mendapat liburan ketika profesor mereka pergi ke luar kota karena cuti besar. Dua mahasiswa tersebut tidak membutuhkan waktu lama untuk mengkompilasi sebuah daftar bookmark yang besar, yang dikelompokkan berdasarkan subyek. Kemudian mereka berpikir untuk memasukannya di web, dan mulai bekerja membuat sebuah program database untuk menanganinya sehingga dapat memberikan hasil secara online.
Domain yahoo.com dibuat pada tanggal 18 Januari 1995. Karena Yang dan Filo menyadari potensi besar yang dimiliki oleh website mereka ini, akhirnya pada tanggal 1 Maret 1995, Yahoo diresmikan sebagai badan hukum.
Yahoo juga diversifikasi menjadi portal web. Pada akhir 1990-an, Yahoo!, MSN, Lycos, Excite, dan portal web lainnya mengalami perkembangan yang sangat pesat yang menyebabkan masing-masing portal web berlomba untuk memperluas jangkauan layanan mereka agar para pengguna internet lebih lama singgah pada portal web mereka. Cara yang mereka lakukan adalah dengan mengakuisisi perusahaan-perusahaan lain yang bisa menyediakan servis yang mereka inginkan.
Yahoo!
Messenger (sering disingkat “Y!M” atau “YM”) merupakan program pengirim pesan instan
populer yang disediakan oleh Yahoo!. Yahoo! Messenger tersedia secara gratis
dan dapat diunduh serta diakses menggunakan Yahoo! ID yang biasa digunakan
untuk mengakses layanan Yahoo! yang lainnya, seperti Yahoo! Mail. Penggunaan ID
ini juga mengakibatkan pengguna dapat langsung diberitahu bila mendapat sebuah
e-mail.
Yahoo! Messengerberada di bawah naungan Yahoo! Inc. ,yangmerupakan sebuah perusahaan publik Amerika dengan kantor pusat di Sunnyvale, California (tepatnya di Silicon Valley), yang menyediakan layanan internet secara global, meliputi seluruh dunia. Perusahaan ini terkenal akan portal web, mesin pencari (Yahoo! Search), Yahoo! Directory, Yahoo! Mail, Yahoo! News, iklan, pemetaan online (Yahoo! Maps), Yahoo! Video, dan website media sosial dan jasa.
Yahoo! Messengerberada di bawah naungan Yahoo! Inc. ,yangmerupakan sebuah perusahaan publik Amerika dengan kantor pusat di Sunnyvale, California (tepatnya di Silicon Valley), yang menyediakan layanan internet secara global, meliputi seluruh dunia. Perusahaan ini terkenal akan portal web, mesin pencari (Yahoo! Search), Yahoo! Directory, Yahoo! Mail, Yahoo! News, iklan, pemetaan online (Yahoo! Maps), Yahoo! Video, dan website media sosial dan jasa.
Ø Kelebihan
o
Kirim pesan teks (SMS) ke ponsel teman secara gratis
dengan yahoo mobile.
o
Update status, posting komentar dan pantau terus
percakapan Facebook dan semua dari Yahoo! Messenger.
o
Nikmati chatting sambil bepergian melalui iPhone, ponsel
Android atau ponsel dengan Internet aktif lainnya.
o
Selalu sign in ke chat dan tak pernah melewatkan
percakapan apa pun, baik saat di rumah, di kantor atau pun di ponsel.
o
Berkirim pesan instan dengan seorang teman, atau
berkonferensi dengan banyak orang.
o
Tunjukkan gaya dengan emotikon, Avatar, audibel dan
IMVironment.
Ø Kekurangan
o
ketika konek dengan facebook sepertinya YM11 ini menguras
banyak virtual memory sehingga diawal-awal pemakaian sering terjadi hang “not
reponsif plug in”.
o
Adanya iklan pada aplikasi ini menambah beban koneksi
internet yang digunakan.
o
Yahoo! Messenger adalah layanan yang sangat populer di
manapun, namun belakangan kerap ditemukan sejumlah virus didalamnya.
Ø Manfaat
Menggunakan Yahoo
o
Pesan Instan: Kirim pesan teks secara real-time ke teman-teman
Anda di Yahoo! atau Windows Live™ Messenger.
o
Berbagi Foto: Saling berbagi foto dari desktop Anda atau
Flickr dengan teman melalui YM sambil diskusi mengenai foto tersebut.
o
Panggilan PC-ke-PC: Lakukan panggilan suara ke pengguna
Yahoo! Messenger lainnya secara gratis (perlu mikrofon dan speaker/headset).
o
SMS (Pesan Teks): Kirim pesan teks dari Messenger ke
ponsel teman Anda secara gratis.
o
Webcam: Hubungkan webcam Anda ke komputer dan berbagi
video secara live dengan semua teman di Yahoo! Messenger.
o
Ber-YM dalam Konferensi: Ber-YM dengan banyak teman
sekaligus di dalam satu ruang konferensi (menyertakan fitur Suara, jika
tersedia).
o
Ber-YM dengan Banyak Teman yang ada di Jaringan Lain:
Ber-YM dengan teman yang menggunakan Windows Live™ Messenger, Reuters
Messaging, dan Lotus Sametime — langsung dari Yahoo! Messenger.
o
Transfer File: Kirim file dengan cepat ke teman sambil
ber-YM (hingga 2GB).
Ø Cara
Menggunakan Yahoo Messenger
o
Langkah pertama yang anda para pemula lakukan untuk
memasuki dunia yahoo messenger adalah adanya koneksi internet yang memungkinkan
anda memasuki dunia maya. Tidak mungkin anda mampu chatting jika tidak memiliki
fasilitas koneksi internet ini.
o
Kedua. Anda juga memerlukan software yahoo messenger yang
terinstal dengan baik dalam komputer anda.
o
Ketiga. Setelah melakukan langkah kedua anda kemudian
akan dihantarkan pada sebuah windows yang berdiri tegak disebelah kanan (ini
biasanya) yang bertuliskan Yahoo! Messenger lengkap dengan icon smile kuning
yang tertawa lebar dengan mulut merahnya. Disitu anda bisa lihat ada kolom
dengan tulisan Yahoo ID dan Password. Nah apa perlunya Yahoo ID ini beserta
passwordnya. Yahoo ID adalah sebuah identitas atau mungkin bisa dikatakan
adalah roh atau tubuh kamu yang akan memasuki sebuah dunia baru. Layaknya
sebuah masyarakat anda harus memiliki tubuh beserta identitas yang dikenal oleh
masyarakat atau komunitas tersebut agar dapat memasuki dan melalang buana
didalamnya. Untuk itu anda juga memerlukan registrasi atau pendaftaran terlebih
dahulu agar dapat menjalankan identitas anda di dunia yahoo messenger. Yahoo ID
dapat anda peroleh melalui pendaftaran lewat Get a new Yahoo! ID, dan ikuti
petunjuk selanjutnya. Anda juga bisa menggunakan alamat email anda untuk
memasuki dunia Yahoo Messenger. Tentunya dengan catatan alamat email anda
tersebut adalah email yang beralamat di yahoo. Entah itu xxx@yahoo.com ,
xxx@yahoo.co.id, xxx@yahoo.us atau yang lain sebagainya. Cukup gunakan alamat
awal saja tanpa diikuti @yahoo.com jika anda ingin memasuki dunia yahoo messenger.
Password yang anda gunakan sama dengan password email anda. Akan tetapi saya
sarankan untuk membuat ID baru dan password baru karena sangat riskan
menggunakan ID dari email yahoo anda.
o
Keempat. Anda masukkan ID yahoo anda dan passwordnya pada
tempatnya kemudian tekan enter. Tunggu beberapa saat sampai anda masuk ke dunia
yahoo (ditandai dengan perubahan windows yahoo messenger anda. Jika tidak bisa
maka ulangi beberapa kali sampai bisa masuk. Jika tidak bisa cek koneksi anda
atau cek software yahoo messenger anda.
o
Kelima. Untuk mencari teman, anda harus masuk ke chat
room atau anda bisa melakukan Instans Message jika telah mengenal ID teman.
o
Atau bisa dilihat di https://www.youtube.com/watch?v=q_Sg0BFFbiY
3)
Dota 2
DOTA 2 adalah
permainan strategi dimana kita harus bekerja sama dengan pemain yang ada dalam
satu tim untuk menjatuhkan markas tim lawan. DOTA 2 merupakan versi terbaru
dari DOTA yang dulunya merupakan satu kesatuan dengan WARCRAFT III. DOTA dan
DOTA 2 tidak jauh berbeda dari segi HERO (sebutan karakter atau unit pada game
yang bisa kita kendalikan) yang dapat kita pilih dan item yang dapat kita beli.
Namun pada DOTA 2 visual yang ditampilkan jauh lebih bagus dan sistem pembelian
item yang lebih mudah (akan dijelaskan nanti). Untuk lebih jelasnya mari kita
lihat perbedaan DOTA dan DOTA 2 di bawah ini :
·
Level
Pada DOTA 2, setiap kita selesai memainkan sebuah game,
maka kita akan mendapatkan Battle Point (BP). Jumlah BP yang kita dapatkan bergantung
dari lamanya menit kita bermain. Semakin lama game berlangsung, maka semakin
banyak pula BP yang ktia dapatkan. Apabila BP sudah mencapai 1000 point, level
kita akan naik satu tingkat. Level ini berguna untuk mendapatkan item rare
(langka) pada saat selesai memainkan game. Makin tinggi level yang kita miliki,
maka akan semakin tinggi pula kemungkinan item rare yang kita dapatkan.
·
Matchmaking
Berbeda dengan DOTA, DOTA 2 menggunakan sistem
matchmaking untuk bermain dalam suatu game. Sistem pada steam akan secara
otomatis mencari server yang ada untuk kita bermain. Ketika sistem sudah
menemukan server tempat kita akan bermain, maka kita akan diberikan pilihan
untuk accept atau decline untuk bermain di server tersebut.
·
Customize Hero
Pada DOTA 2 kita dapat merubah tampilan HERO sesuai
dengan keinginan kita. Yaitu dengan merubah equip pada tampilan hero
menggunakan item yang ada. Contoh sederhananya adalah kita dapat mengubah jubah
yang dipakai Furion ataupun pedang yang dimiliki oleh Sven dengan pedang yang
kita dapatkan ataupun dengan cara membelinya dari STORE. Item ini tidak
berpengaruh pada HERO yang kita mainkan selain hanya tampilan HERO yang lebih
cantik dan elegan.
·
Sistem Pembelian Item
Sistem pembelian item pada DOTA 2 sangat mudah jika
dibandingkan dengan DOTA. Kita dapat mengetahui item apa saja yang
direkomendasikan untuk HERO yang kita pakai (dapat kita edit sendiri) sebagai
referensi dalam pembelian item. Dan kita hanya perlu klik kiri pada resep item
untuk membeli item tersebut. Jadi jika kita akan membuat Power Treads, kita
tidak perlu membeli secara terpisah Boots, Belt Of Strength dan Glove of haste.
Kita hanya perlu membeli resep Power Treads, maka sistem akan otomatis membeli
item-item yang dibutuhkan, tentu saja gold yang dibutuhkan harus memenuhi.
·
Keyword Skill
Tombol cepat untuk mengakses skill pada HERO cukup simple
pada DOTA 2. Kita hanya perlu mengingat 4 keyword (secara umum, ada beberapa
hero yang mempunyai 6 keyword), yaitu Q, W, E dan R. Q untuk tombol cepat skill
pertama, W untuk tombol cepat skill kedua, E untuk tombol cepat skill ketiga,
dan R untuk tombol cepat skill ultimate hero.
Secara garis besar, dari gameplay, HERO dan item-item
yang ada pada DOTA 2, semuanya hampir sama dengan DOTA. Jadi bagi yang sudah
terbiasa bermain DOTA pasti tidak akan mengalami kesulitan dalam bermain di
DOTA 2.
Ø Kelebihan
o
Tampilan Grafis yang sangat bagus
o
Adanya fitur Voice Chat, yaitu memungkinkan kita
berkomunikasi via suara saat bermain
o
Banyaknya Item2 yang berbeda2, Tidak seperti game lainnya
o
Banyaknya Turnamen yang diadakan secara online, tidak
perlu datang ke tempat turnamen, cukup di laptop/komputer sendiri.
Ø Kekurangan
o
Membutuhkan koneksi yang besar dibandingkan dengan game
online lainnya. Dan juga memerlukan ke stabilan koneksi internet yang lebih
baik.
o
Terlalu banyak kemudahan dalam DOTA2. kemudahan kemudahan
ini dapat menjadi boomerang bagi para penggemar dota yang membutuhkan tantangan
lebih.
o
Kualitas Grafik yang tinggi dalam DOTA2 bagi sebagian
Orang dianggap tidak perlu.
o
Update Update pada periode tertentu dalam Dota2
membutuhkan koneksi yang cepat dan stabil. karena size updatenya sangat besar.
Ø Manfaat
Bermain Dota 2
o
Strategi
Bemain dota sangat
membantu kita mengasah taktik dan pola pikir. semula, sebelum saya mengenal
dota, saya hanya berpikir, bagaimana membunuh lawan dari depan atau keroyokan
saja. namun setelah berlatih, saya menyadari pentingnya taktik. namun kalau
sudah terbiasa nanti kita akan tau, peran kita.
o
Mental
Mental menjadi salah
satu ujan saat bermain dota, karena saat bermain game ini kita tidak hanya
dipertemukan oleh pemain dalam negeri, melainkan juga luar negeri. sama halnya
dengan pertandingan olahraga internasional antar negara dan klub.
o
Having Fun!
mungkin banyak juga
orang yang menganggap sebelah mata yang namanya 'game'. saya tidak mengelak
itu, mungkin memang benar. tapi bagi saya, game sendiri merupakan 'hiburan'
yang tidak dapat dilepaskan di kehidupan saya. tentu tiap orang harus bisa
mengatur porsinya sendiri-sendiri untuk menikmati hiburan. ada yang hiburannya
diisi dengan jalan-jalan, kuliner dan lainnya. sebenernya sama intinya, karena
tujuan utama mencari 'having fun!'
Ø Cara Bermain
Dota 2
o
Cara menginstal
steam dan membuat ID di komputer/laptop
1) Pertama-tama
buka web steamnya, kemudian klik "No, I do not have steam" > Klik
Steam Install > Run. Setelah muncul kata "Welcome to the steam
installatio wizard" klik "next" dan centang "I accept the
license agreement and I am 13 years of age or older. Pilih kecepatan koneksi
> Select language > Install. Setelah selesai tunggu updating steam hingga
selesai 100%. "Login to an existing account, klik "No, I do no have
steam".
2) Klik Join
Steam terus Register akun dan mulai mengisi data di steam. Isi data dengan
benar dan jangan samapi lupa password anda. Klik "yes" kalu kamu
sudah punya steam, klik "No" kalau kamu belum punya steam dan
download akan segera dimulai.
3) Verifikasi
akun lewat email (setelah membuat akun steam kamu akan mendapat verifikasi
memlalui email dan mendapat kode konfirmasi).
4) Login steam
dan kamu akan dibawa ke halaman store dari steam.
5) Pada Halaman
steam klik Dota 2 (disebelah kiri) lalu install Dota 2 pada komputer/laptop
kamu. Proses membutuhkan waktu yang lama.
6) Kalau sudah
terinstall, selamat anda sudah bisa bermain Dota 2. Kamu bisa latihan erlebih
dahulu. Setelah kamu sudah terbiasa atau handal bermain, barulah kamu bisa
bermain dengan orang-orang secara online baik Nasional maupun Internasional.
o
Atau bisa dilihat di https://www.youtube.com/watch?v=nzYNyDF_nDk
4)
Kaskus
Kaskus adalah
situs forum komunitas maya terbesar dan nomor 1 Indonesia dan penggunanya
disebut dengan Kaskuser. Kaskus lahir pada tanggal 6 November 1999 oleh tiga
pemuda asal Indonesia yaitu Andrew Darwis, Ronald Stephanus, dan Budi
Dharmawan, yang sedang melanjutkan studi di Seattle, Amerika Serikat. Situs ini
dikelola oleh PT Darta Media Indonesia. Kaskus memiliki lebih dari 6 juta
pengguna terdaftar. Pengguna Kaskus umumnya berasal dari kalangan remaja hingga
orang dewasa yang berdomisili di Indonesia maupun di luar Indonesia.
Kaskus, yang
merupakan singkatan dari Kasak Kusuk, bermula dari sekadar hobi dari komunitas
kecil yang kemudian berkembang hingga saat ini. Kaskus dikunjungi sedikitnya
oleh 900 ribu orang, dengan jumlah page view melebihi 15.000.000 setiap
harinya. Hingga bulan Juli 2012, Kaskus sudah mempunyai lebih dari 601 juta
posting.
Menurut
Alexa.com, pada bulan Juli 2014 Kaskus berada di peringkat 285 dunia dan
menduduki peringkat 7 situs yang paling banyak dikunjungi di Indonesia.
Pada tanggal
26 Mei 2012, Kaskus mengalami gangguan pada DNS (Domain Name System) pada
domain .us. Sehingga, pada 27 Mei 2012, Kaskus berpindah domain yang mulanya
berdomain .us sekarang menjadi .co.id dan .com
Ø Kelebihan
o
Banyaknya Pengguna
o
Disediainnya spesifikasi forum untuk member.
o
Pola (tata letak) yang sudah cukup baik.
o
Banner iklan ngga mengganggu aktivitas member dan
menguntungkan sponsor.
o
Tiap member bebas untuk menulis thread apapun (junk or
non junk konsekuensi berlaku)
o
Emoticonnya banyak yang mempercantik tampilannya sendiri.
o
Fungsi komen yang simpel dan ada fitur Quote dan juga
Multy-Quote.
o
Apresiasi / depresiasi reputasi terhadap sesama member
dengan lambang berwarna
o
Kebebasan beropini
Ø Kekurangan
o
Moderator-based alias pengalihan kuasa pada moderator.
o
Member bisa memberikan sinyal thread buruk dengan aksi
lapor hansip (kurang efektif)
o
Fitur aplikasi friend - menurut gue junk alias sampah gak
guna banget.
o
Pembatasan memberi reputasi
o
Jelas2 subjektivitas berperan di sini.
o
Fungsi poll cuman untuk satu pertanyaan saja
o
Banyaknya junker
o
Fitur Kaskus Donator yang ternyata masih kurang menarik
value-addednya
o
Masih banyak member yang acuh terhadap Forum Rules.
o
Jelas2 masih kalah sama online shop lain dalam hal TRUST
seller-nya di bagian Forum Jual Beli.
Ø Manfaat
Menggunakan Kaskus
o
Banyaknya Member
o
Selalu update tentang hal2 baru dalam dunia nyata maupun
dunia maya
o
The lounge menyediakan banyak artikel yang unik dan yang
belum kita ketahui sebelumnya
o
Tersedianya Forum Jual Beli untuk belanja online
o
Tersedia Forum2 dan Komunitas2 yang beragam
Ø Cara
Menggunakan Kaskus
o
Atau bisa dilihat di https://www.youtube.com/watch?v=j_d1xNzzm1U
5)
Zalora
ZALORA
Indonesia adalah situs web belanja yang menyediakan kebutuhan mode pakaian yang
terdiri dari produk berbagai merek, baik lokal maupun internasional. Zalora
Indonesia yang didirikan pada tahun 2012 oleh Catherine Sutjahyo, merupakan
bagian dari Zalora Grup di Asia yang terdiri dari Zalora Singapura, Zalora
Malaysia, Zalora Vietnam, Zalora Taiwan, Zalora Thailand dan Zalora Filipina.
Zalora
merupakan anak perusahaan dari situs belanja online Zalando. Zalando merupakan
proyek dari Rocket Internet. Di Indonesia Zalora berada di bawah naungan dan
dikelola oleh PT Fashion Eservices Indonesia.
Ø Kelebihan
o
Dapat di lihat melalui HP
o
Tampilannya yang menarik
o
Barang dapat di kembalikan jika tidak puas dengan barang
yang sudah di pesan dan di beli dengan syarat & ketentuan yang berlaku.
o
Gratis ke seluruh Indonesia. Tanpa minimum untuk
Jabodetabek. Untuk Pulau Jawa, Bali, Sumatera dan Kalimantan, akan dikenakan
biaya pengiriman jika pembelian di bawah Rp 200,000. Untuk Wilayah Indonesia
Timur dan Nusa Tenggara, akan dikenakan biaya pengiriman jika pembelian di
bawah Rp 300,000.
Ø Kekurangan
o
Websitenya semakain berat
o
Kurang begitu mengupdate yang terbaru
Ø Manfaat
Menggunakan Zalora
o
Penggunaan Zalora yang termasuk Friendly dan Ramah
o
Banyaknya kuantitas barang, jadi tidak akan takut stok
barang habis
o
Kualitas barang terjamin orisinil
o
Mudahnya memilih dan membeli barang menggunakan akun
Zalora
Ø Cara Menggunakan
Zalora
o
Cara Membuat Akun Zalora
i.
Daftar Lewat Transaksi Belanja
·
Setelah Anda selesai memilih produk yang Anda inginkan
dan ingin melanjutkan ke pembayaran, Anda akan diarahkan ke halaman
Login/Daftar.
·
Klik Lanjutkan.
·
Di halaman selanjutnya, lengkapi data-data di kolom
Informasi Anda.
·
Selesaikan transaksi Anda dan secara otomatis, akun Anda
di ZALORA berhasil dibuat.
ii.
Daftar Tanpa Transaksi Belanja
·
Klik Akun yang ada di pojok kanan atas website ZALORA.
·
Di halaman selanjutnya, lengkapi data-data Anda dan klik
Simpan.
·
Setelah itu, Anda akan dibawa masuk ke halaman Akun Anda.
·
Setelah Anda selesai mendaftar, akan ada konfirmasi yang
dikirimkan ke alamat email yang Anda masukkan.
o
Langkah-Langkah Membeli Produk Zalora
1. Masuk ke http://www.zalora.co.id.
2. Pilih
kategori produk yang ingin Anda beli. Anda bisa langsung klik produk yang
diinginkan.
3. Pada halaman
produk, pilih ukuran yang Anda inginkan dan klik Beli untuk memasukkan barang
ke tas belanja.
4. Jika Anda
sudah menentukan barang-barang yang ingin dibeli, klik Lanjut ke Pembayaran
untuk melakukan transaksi.
5. Anda akan
diarahkan ke halaman login/daftar. Jika Anda sudah memiliki akun di ZALORA,
Anda bisa memilih Login. Jika Anda belum memiliki akun di ZALORA, Anda bisa
membuatnya dengan cara klik Lanjutkan.
6. Di halaman
selanjutnya (setelah login/daftar), Anda akan menemukan tiga buah kolom yang
wajib diisi.
§
Kolom Pertama: Data Pelanggan dan Alamat Pengiriman. Isikan
data Anda dan alamat tujuan pengiriman pesanan Anda.
§
Kolom Kedua: Metode Pembayaran. Pilih metode pembayaran
yang Anda inginkan (cash on delivery, transfer ke rekening bank, atau kartu
kredit).
§
Kolom Ketiga: Konfirmasi Pesanan. Pastikan barang yang
ingin Anda pesan sudah sesuai.
§
Setelah Anda memastikan bahwa semua isian sudah
dilengkapi dengan benar, klik Bayar. Pembayaran Anda akan langsung diproses dan
Anda bisa menunggu email notifikasi.
§
Atau bisa dilihat di https://www.youtube.com/watch?v=1ikYYYqHUKY
Komentar
Posting Komentar