Arsitektur Game Engine
Unity 3D
Tagline
Unity merupakan ekosistem pengembangan game:
mesin render yang kuat terintegrasi dengan satu set lengkap alat intuitif dan
alur kerja yang cepat untuk membuat konten 3D interaktif, penerbitan
multiplatform yang mudah, ribuan kualitas, aset siap pakai di Asset Store dan
berbagi pengetahuan di komunitas.
Untuk developer dan studio independen, Unity
dengan demokratisasi ekosistem menghancurkan waktu dan biaya hambatan untuk
menciptakan permainan unik dan indah. Mereka menggunakan Unity untuk membangun penghidupan
melakukan apa yang mereka suka: menciptakan permainan yang menghubungkan dan
menyenangkan pemain pada platform apapun.
Unity Software
Unity merupakan suatu aplikasi yang digunakan
untuk mengembangkan game multi platform yang didesain untuk mudah digunakan.
Unity itu bagus dan penuh perpaduan dengan aplikasi yang profesional. Editor
pada Unity dibuat degan user interface yang sederhana. Editor ini dibuat
setelah ribuan jam yang mana telah dihabiskan untuk membuatnya menjadi nomor
satu dalam urutan rankking teratas untuk editor game. Grafis pada unity dibuat
dengan grafis tingkat tinggi untuk OpenGL dan directX. Unity mendukung semua
format file, terutamanya format umum seperti semua format dari art
applications. Unity cocok dengan versi 64-bit dan dapat beroperasi pada Mac OS
x dan windows dan dapat menghasilkan game untuk Mac, Windows, Wii, iPhone, iPad
dan Android.
Unity secara rinci dapat digunakan untuk membuat
video game 3D, real time animasi 3D dan visualisasi arsitektur dan isi serupa
yang interaktif lainnya. Editor Unity dapat menggunakan plugin untuk web player
dan menghasilkan game browser yang didukung oleh Windows dan Mac. Plugin web
player dapat juga dipakai untuk widgets Mac. Unity juga akan mendukung
console terbaru seperti PlayStation 3 dan Xbox 360. Pada tahun 2010, telah
memperoleh Technology Innovation Award yang diberikan oleh Wall Street Journal
dan tahun 2009, Unity Technology menjadi 5 perusahaan game terbesar. Tahun
2006, menjadi juara dua pada Apple Design Awards.
Server aset dari Unity dapat digunakan semua
scripts dan aset game sebagai solusi dari versi kontrol dan dapat mendukung
proyek yang terdiri atas banyak gigabytes dan ribuan dari file multi-megabyte.
Editor Unity dapat menyimpan metadata dan versi mereka, itu dapat berjalan ,
pembaharuan dan didalam perbandingan versi grafis. Editor Unity dapat
diperbaharui dengan sesegera mungkin seperti file yang telah dimodifikasi.
Server aset Unity juga cocok pada Mac, Windows dan Linux dan juga berjalan pada
PostgreSQL, database server opensource.
Perizinan atau license dari Unity ada dua bentuk.
Ada Unity dan Unity Pro. Versi Unity tersedia dalam bentuk gratis, sedang versi
Unity Pro hanya dapat dibeli. Versi Unity Pro ada dengan fitur bawaan seperti
efek post processing dan render efek texture. Versi Unity merupakan yang gratis
memperlihatkan aliran untuk game web dan layar splash untuk game yang berdiri
sendiri. Unity dan Unity Pro menyediakan tutorial, isi, contoh project, wiki,
dukungan melalui forum dan perbaruan kedepannya. Unity digunakan pada iPhone,
iPod dan iPad operating system yang mana iOS ada sebagai add-ons pada Unity
editor yang telah ada lisensinya, dengan cara yang sama juga pada Android.
Sejarah Unity dan Perkembangannya
Unity 3d adalah salah satu software yang bagus
untuk mengembangkan game 3D dan selain itu juga merupakan software atau
aplikasi yang interaktif dan atau dapat juga digunakan untuk membuat animasi 3
dimensi. Unity lebih tepat dijelaskan sebagai salah satu software untuk
mengembangkan video game atau disebut juga game engine , yang sebanding dengan
game engine yang lain contohnya saja: Director dan Torque game engine. Unity
sebanding dengan mereka ( Director dan Torque ) dikarenakan mereka semua sama –
sama menggunakan grafis yang digunakan untuk pengembangan aplikasi 3D.
Dalam beberapa tahun perkembangannya, sebelum
dirilis, Unity telah diluncurkan pertama kali sebagai versi pra – rilis dengan
GooBall sebuah video game yang didesain khusus untuk Apple Macintosh.
GooBall, dengan unity pra – rilis , telah
diluncurkan atau diumumkan pada bulan Maret tahun 2005, sementara itu Unity
diluncurkan secara resmi sebagai aplikasi yang bersifat komersial pada dua
bulan setelahnya yaitu bulan Juni tahun 2005.
Satu tahun kemudian yaitu tahun 2006, aplikasi
pengembang game ini telah menjadi nominasi untuk Apple design awards dalam
kategori “Best OS X Graphics”.
Unity juga disebut sebagai aplikasi pengembang
multiplatform, yang mana artinya unity mendukung untuk mengembangkan aplikasi
game dan aplikasi yang lain untuk beberapa platforms seperti game console,
Mobile Phone platforms, Windows dan OS X.
Sejak unity secara resmi dirilis sebagai Unity
versi 1.0.1, banyak pembaharuan (update), upgrades dan fitur yang telah
ditambahkan selama tahun perilisannya tersebut dan Unity terus berkembang
secara terus – menerus. Sekarang ini Unity sudah ada pada versi 3.0 yang telah
diumumkan pada bulan Maret 2010, bagaimanapun versi ini masih didalam pre
order, yang mana artinya pengguna dapat memesan tetapi sebenarnya software masih
belum rilis untuk pengiriman.
Unity ada atau datang dengan beberapa pilihan
perijinan (license), berkisar dari yang gratis untuk Unity paket utama ( dasar
) untuk Unity pro, untuk satu license dijual dengan harga $1200. Baik
Unity yang versi gratis dan Unity yang versi pro menawarka banyak fitur yang
dapat digunakan, masih untuk yang versi gratis memperlihatkan sebuah halaman
spash pada game yang tetap (regular) , dan desain untuk game online menggunakan
Unity watermark.
Lebih dari beberapa tahun banyak game yang
dikembangkan dan dibuat berjalan pada Unity, beberapa lebih ketetapan berada
dalam satu bungkus atau masukkan: Butuh Kecepatan: Dunia, yang mana sekarang
ini dalam perkembangan dan waktunya rilis berikutnya pada tahun ini, WolfQuest,
yang mana rilis pada tahun 2007, Tiger Woods PGA Tour Online , yang mana telah
dibuat pada April pada tahun 2007 dan Atmosphir , yang mana banyak game baru
yang dapat berjalan di Unity.
Harus di catat akan dapat mengembangkan game
untuk Iphone/Ipad platform, degan melakukan upgrade plug-in yang dibutuhkan
oleh Uniy, untuk licensenya dapat diperoleh pada website Unity.
Fitur-fitur
- Rendering
Graphics
engine yang digunakan adalah Direct3D (Windows, Xbox 360), OpenGL (Mac,
Windows, Linux, PS3), OpenGL ES (Android, iOS), dan proprietary APIs (Wii). Ada
pula kemampuan untuk bump mapping, reflection mapping, parallax mapping, screen
space ambient occlusion (SSAO), dynamic shadows using shadow maps,
render-to-texture and full-screen post-processing effects.[4]
Unity
dapat mengambil format desain dari 3ds Max, Maya, Softimage, Blender, modo,
ZBrush, Cinema 4D, Cheetah3D, Adobe Photoshop, Adobe Fireworks and
Allegorithmic Substance. Asset tersebut dapat ditambahkan ke game project dan
diatur melalui graphical user interface Unity.
ShaderLab
adalah bahasa yang digunakan untuk shaders, dimana mampu memberikan deklaratif
“programming” dari fixed-function pipeline dan program shader ditulis dalam
GLSL atau Cg. Sebuah shader dapat menyertakan banyak varian dan sebuah
spesifikasi fallback declarative, dimana membuat Unity dapat mendeteksi
berbagai macam video card terbaik saat ini, dan jika tidak ada yang kompatibel,
maka akan dilempar menggunakan shader alternatif yang mungkin dapat menurunkan
fitur dan performa.
Pada
3 Agustus 2013, seiring dengan diluncurkannya versi 4.2, Unity mengijinkan
developer indie mengunakan Realtime shadows hanya untuk Directional lights, dan
juga menambahkan kemampuan dari DirectX11 yang memberikan shadows dengan
resolusi pixel yang lebih sempurna, textur untuk membuat objek 3d dari
grayscale dengan lebih grafik facial, animasi yang lebih halus dan mempercepat
FPS.
- Scripting
Script
game engine dibuat dengan Mono 2.6, sebuah implementasi open-source dari .NET
Framework. Programmer dapat menggunakan UnityScript (bahasa terkustomisasi yang
terinspirasi dari sintax ECMAScript, dalam bentuk JavaScript), C#, atau Boo
(terinspirasi dari sintax bahasa pemrograman phyton). Dimulai dengan dirilisnya
versi 3.0, Unity menyertakan versi MonoDevelop yang terkustomisasi untuk debug
script.
- Asset Tracking
Unity
juga menyertakan Server Unity Asset – sebuah solusi terkontrol untuk defeloper
game asset dan script. Server tersebut menggunakan PostgreSQL sebagai backend,
sistem audio dibuat menggunakan FMOD library (dengan kemampuan untuk memutar
Ogg Vorbis compressed audio), video playback menggunakan Theora codec, engine
daratan dan vegetasi (dimana mensuport tree billboarding, Occlusion Culling
dengan Umbra), built-in lightmapping dan global illumination dengan Beast,
multiplayer networking menggunakan RakNet, dan navigasi mesh pencari jalur
built-in.
- Platforms
Unity
support pengembangan ke berbagai plaform. Didalam project, developer memiliki
kontrol untuk mengirim keperangkat mobile, web browser, desktop, and console.
Unity juga mengijinkan spesifikasi kompresi textur dan pengaturan resolusi di
setiap platform yang didukung.
Saat
ini platform yang didukung adalah BlackBerry 10, Windows 8, Windows Phone 8,
Windows, Mac, Linux, Android, iOS, Unity Web Player, Adobe Flash, PlayStation
3, Xbox 360, Wii U and Wii. Meskipun tidak semua terkonfirmasi secara resmi,
Unity juga mendukung PlayStation Vita yang dapat dilihat pada game Escape Plan
dan Oddworld: New ‘n’ Tasty.
Rencana
platform berikutnya adalah PlayStation 4 dan Xbox One. Dan juga rumor untuk
kedepanya mengatakan HTML akan menjadi platformnya, dan plug-in Adobe baru
dimana akan disubtitusikan ke Flash Player, juga akan menjadi platform
berikutnya.
- Asset Store
Diluncurkan
November 2010, Unity Asset Store adalah sebuah resource yang hadir di Unity
editor. Asset store terdiri dari koleksi lebih dari 4,400 asset packages,
beserta 3D models, textures dan materials, sistem particle, musik dan efek
suara, tutorial dan project, scripting package, editor extensions dan servis
online.
- Physics
Unity
juga memiliki suport built-in untuk PhysX physics engine (sejak Unity 3.0) dari
Nvidia (sebelumnya Ageia) dengan penambahan kemampuan untuk simulasi real-time
cloth pada arbitrary dan skinned meshes, thick ray cast, dan collision layers.
Showcase
Temple
Run Oz
By
Imangi Studios
Genre:
Endless Runner
Platform:
Android, iOS, Windows Phone 8, Windows Store
Bad
Piggies
By
Rovio
Genre:
Puzzle
Platform:
Android, iOS, Mac, PC
Download
Versi
: Unity 4.2.1
Ukuran
file : 880.69 MB
System
Requirements
- System requirements untuk Unity development
- Windows XP SP2 or later; Windows 7 SP1; Mac OS X “Snow Leopard” 10.6 or later.
- Graphics card with DirectX 9 level (shader model 2.0) capabilities.
- Using Occlusion Culling requires GPU with Occlusion Query support.
- System requirements untuk Unity iOS development
Di
samping general system requirements:
- Only Unity OS X version supports iOS as build platform
- Xcode 4.3
- System requirements untuk Unity Android development
Di
samping general system requirements:
- Android SDK and Java Development Kit (JDK)
- Android authored content membutuhkan perangkat yang dilengkapi dengan:
- Android OS 2.0 or later
- Device powered by an ARMv7 (Cortex family) CPU
- GPU support for OpenGLES 2.0 is recommended
- System requirements untuk Windows Store/Windows Phone development
Di
samping general system requirements:
- Windows Phone SDK 8.0 requires 64-bit Windows 8 Pro or higher. You can’t develop Windows Phone 8 apps on Windows 7, on Windows Server 2008, or on Windows Server 2012.
- Microsoft Visual Studio 2012
- System requirements untuk Unity BlackBerry development
Di
samping general system requirements:
- Requires installation of Java 32-bit runtime
- BlackBerry authored content requires devices equipped with BlackBerry OS 10 or later
- Windows XP or later; Mac OS X 10.5 or later.
- Pretty much any 3D graphics card, depending on complexity.
- Online games run on all browsers, including IE, Firefox, Safari, and Chrome, among others.
- System requirements untuk Unity-developed Content
Prosedur Penggunaan
Ketika
Unity pertamakali dibuka biasanya akan menampilkan sample project. Untuk
memulai project baru jalankan perintah File -> New Project.
Maka
akan muncul window Unity Project Wizard. Pada window itu anda akan diminta
memasukkan lokasi dimana project anda, dan Package apa saja yang anda butuhkan
pada project anda. Jika anda ragu untuk memilih Package yang akan diimport,
maka lebih baik anda tidak mengimport package sama sekali.
Setelah
anda selesai menentukan lokasi dan memilih Package kemudian klik Create. Tunggu
bebeapa saat maka project baru akan dibuat.Lihat gambar di bawah:
Setelah
project baru dibuat maka langkah selanjutnya adalah mengatur platform dari
project anda, apakah untuk Windows, Mac, Android, iOS, dsb. Untuk mengatur
platform, klik File -> Build Settings
Setelah
anda klik maka Window Build Settings akan muncul. Pada window itu anda akan
diberi pilihan platfrom yang dapat anda gunakan. Untuk Unity versi free,
platform yang tersedia hanya Web Player dan PC/Mac Standalone. Setelah anda
menentukan platform anda, klik Switch Platform.
Anda
juga dapat melakukan konfigurasi dari Platform dengan mengklik Player Settings.
Konfigurasi akan ditampilkan pada Window Inspector
Sumber:
Komentar
Posting Komentar