Aeros Adventure Game
AMELLIA 50413790
KAMALUDIN 54413756
KAMALUDIN 54413756
NURAYA AYU OCKTABELLA 56413641
REZA WISNU WARDHANA 57413521
3IA12
Tentang
Game
Initial State :
Game AeroS Adventure
merupakan game yang dibuat dengan menggunakan software blender, didalam game
ini objek yang sangat penting adalah labirin atau maze. Pada tampilan menu terdapat 2 pilihan:
·
Menu “Play” : Berfungsi untuk masuk
ke tampilan game play dimana kita dapat memulai permainan tersebut.
·
Menu “Exit” : Mengakhiri permainan.
Aturan main(rules) game Tembak Kaleng sebagai berikut
:
·
Player harus
mendapatkan point sebanyak-banyaknya
·
Player dibatasi waktu
30 detik untuk mendapatkan point
·
Player harus melewati
dan menghindari musuh dihadapannya
Goals :
Untuk menyelesaikan game, pemain harus mendapatkan
point atau score sebanyak mungkin dengan waktu yang terbatas, jika goal
terpenuhi maka akan muncul scene Success,
namun jika player dikalahkan oleh mush atau mendapatkan poin yang tidak
cukup maka akan muncul scene Failure.
Proses
pembuatan :
Disini kami membuat 2
buah tombol yang terdiri dari Play dan Exit.
Gambar
1. Scene awal game
Cara membuatnya
pertama-tama, buat sebuah scene baru.
Lalu tekan Shift+S, dan
pilih cursor to center supaya cursor berada ditengah. Selanjutnya kita akan
menambahkan sebuah camera dengan cara menekan Shift + A lalu pilih camera. Jika
sudah kita akan atur rotation pada kamera menjadi X=0, Y=0, dan Z=0 pada
sebelah kanan layar (tekan N), dan juga ganti Z lokasi disesuaikan.
Kemudian tambahkan 3
buah plane dan 2buah text hinga menjadi seperti gambar diatas, dan jangan lupa
untuk member jarak antara plane dan juga text. Jika sudah jangan lupa untuk
mengkonversi bentuk objek Text dari curve menjadi bentuk mesh dengan cara,
select objek Play, tekan Alt+C pada keyboard lalu pilih “Mesh from Curve”.
==========================================================
Kemudian kita akan
membuat scene Success dan Falilure.
Gambar
2. Scene success Gambar 3. Scene
Failure
Cara membuatnya sama
seperti membuat scene menu.
==========================================================
Selanjutnya membuat
arena game seperti LA yang pernah dibuat sebelumnya. Contohnya seperti berikut.
Buat plane yang telah di extrude sebagai labirinnya dan sudah diberikan
navigation mesh, lalu tambahkan objek cylinder untuk baterai, 2 buah cube untuk
2 robot, 1 buah sphere untuk pesawatnya, objek text sebagai waktunya, dan objek
empy sebagai poinnya.
Gambar
4. Tampilan labirin game
Gambar
5. Pembuatan objek kaleng
Gambar
6. Perancangan objek aeros tahap 1
Gambar
7. Perancangan objek aeros tahap 2
Gambar
8. Perancangan objek pesawat
Gambar
9. Perancangan objek scores
==========================================================
Selanjutnya tambahkan
objek-objek dalam game Tembak Kaleng tersebut.
Gambar
10. Tampilan scene setelah ditambahkan objek kaleng
Jika sudah selanjutnya
tambahkan Logic Editor pada objek.
Gambar
11. Logic editor objek
Gambar
12. Logic Editor pada robot 2
Gambar
13. Logic Editor pada pesawat
Gambar
14. Logic Editor pada baterai
Gambar
15. Logic Editor pada waktu
Gambar
16. Logic Editor pada poin
System Requirement
Operating Systems :
- Windows XP, Vista or 7
- Mac OS X 10.5 and later
- Linux
- FreeBSD
Minimal specs for Hardware :
- 1 GHZ Single Core CPU
- 512 MB RAM
- 1024 x 768 px Display with 16 bit color
- 3 Button Mouse
- Open GL Graphics Card with 64 MB RAM
https://drive.google.com/file/d/0BwU6tAFimYdFU21xQmhyMm9yak0/view
Komentar
Posting Komentar