TUGAS 1 PENGANTAR BISNIS INFORMATIKA
NAMA : AMELLIA
NPM : 50413790
KELAS : 4IA12
PENGANTAR BISNIS INFORMATIKA
TUGAS 1
1. Buatlah tulisan yang membahas tentang Definisi umum :
Bisnis, TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) dan Bisnis informatika,
cantumkan sumber pustakanya.
2. Pilihlah salah satu jenis Bisnis Informatika (e-commerce/software house/consultant).
Perhatikan bagaimana teknik penjualan perangkat TIK, pemasangan dan
pemeliharaan jaringan komputer dan perangkat TIK lainnya yang ada di lingkungan
perusahaan tersebut, beri komentar secara
pribadi tentang kelebihan dan kekurangan yang ada, cantumkan sumber
pustakanya.
3. Jelaskan Perkembangan Bisnis Informatika di Indonesia
dan dunia, cantumkan sumber pustakanya.
KETENTUAN
YANG HARUS DIPERHATIKAN :
1. Lengkapi
dengan NPM, Nama, dan kelas pada halaman utama.
2. Font
yang digunakan adalah tipe Tahoma 12 berspasi 1,5.
3. Diserahkan
tepat pada waktu yang disepakati dan tidak boleh diwakilkan.
4. Menggunakan
kaidah bahasa Indonesia yang sopan, santun, baik dan benar (tidak ada kata-kata
yang mengandung SARA).
5. Tidak
boleh ada naskah atau tulisan yang sama dengan teman sekelas atau kelas paralel
anda, jika ada akan diberi nilai nol.
6. Point
penilaian yang dilakukan setiap minggu meliputi nilai softskill ketepatan
waktu, penyerahan, kerapihan, komunikasi, dan isi/content tulisan.
7. Lengkapi
dengan bukti upload yang dibuat pada halaman tersendiri berbentuk landscape
font 12 cpi (jelas dibaca), matakuliah PBI saja.
Definisi umum Bisnis
Dalam ilmu ekonomi,
bisnis adalah suatu organisasi
yang menjual barang atau jasa kepada konsumen
atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara
historis kata bisnis dari bahasa Inggris
business, dari kata dasar busy yang berarti "sibuk"
dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk
mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.
Dalam ekonomi
kapitalis, di mana kebanyakan bisnis dimiliki oleh pihak swasta, bisnis
dibentuk untuk mendapatkan profit dan meningkatkan kemakmuran para pemiliknya.
Pemilik dan operator dari sebuah bisnis mendapatkan imbalan sesuai dengan waktu, usaha,
atau kapital
yang mereka berikan. Namun tidak semua bisnis mengejar keuntungan seperti ini,
misalnya bisnis koperatif yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan semua
anggotanya atau institusi pemerintah yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan
rakyat. Model bisnis seperti ini kontras dengan sistem sosialistik, di mana
bisnis besar kebanyakan dimiliki oleh pemerintah, masyarakat umum, atau serikat
pekerja.
Secara etimologi, bisnis berarti
keadaan di mana seseorang atau sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan yang
menghasilkan keuntungan. Kata "bisnis" sendiri memiliki tiga
penggunaan, tergantung skupnya — penggunaan singular kata bisnis dapat merujuk
pada badan usaha, yaitu kesatuan yuridis (hukum),
teknis, dan ekonomis yang bertujuan mencari laba atau keuntungan. Penggunaan
yang lebih luas dapat merujuk pada sektor pasar tertentu, misalnya "bisnis
pertelevisian." Penggunaan yang paling luas merujuk pada seluruh aktivitas
yang dilakukan oleh komunitas penyedia barang dan jasa. Namun definisi
"bisnis" yang tepat masih menjadi bahan perdebatan hingga saat ini.
Definis umum Teknologi
Informasi Komunikasi
Teknologi
Informasi dan Komunikasi,
adalah payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan
informasi. TIK mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi
informasi
meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat
bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi
adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk
memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Oleh karena
itu, teknologi informasi dan teknologi komunikasi adalah dua buah konsep yang
tidak terpisahkan. Jadi Teknologi Informasi dan Komunikasi mengandung
pengertian luas yaitu segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan,
manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi antar media. Istilah
TIK muncul setelah adanya perpaduan antara teknologi komputer
(baik perangkat keras maupun perangkat lunak)
dengan teknologi komunikasi pada pertengahan abad ke-20.
Perpaduan kedua teknologi tersebut berkembang pesat melampaui bidang teknologi
lainnya. Hingga awal abad ke-21, TIK masih terus mengalami berbagai perubahan
dan belum terlihat titik jenuhnya.
Definisi umum Bisnis
Informatika
Bisnis Informatika adalah kegiatan
yang dilakukan oleh individu dan sekelompok orang (organisasi) yang menciptakan
nilai (create value) melalui penciptaan barang dan jasa (create of good and
service) untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan memperoleh keuntungan melalui
transaksi yang berkaitan dengan teknologi informasi baik teknologi komputer
maupun teknologi telekomunikasi.
Bisnis Informatika : First Media
Internet dan TV
Dalam
tulisan ini saya akan membahas salah satu Bisnis Informatika di Indonesia yaitu
First Media Internet dan Tv. Berikut akan saya sebutkan kekurangan dan
kelebihan dari bisnis ini.
Kelebihan
:
•
Jaringan menggunakan fiber optik murni
•
Pelayanan customer service cepat
•
Penjelasan tentang pemasangan paket internet dijelaskan dengan detail
•
Komitmen terhadap pelanggan / pengguna
•
Tayangan TV sudah termasuk Full HD
Kekurangan
:
•
Area jangkauan fiber optik hanya di kota besar
•
Harga relatif mahal dibandingkan provider internet lainnya
•
Menggunakan kabel RG 6, bukan Full Fiber
•
Adapter router yang diberikan terbilang jelek, karena adapter TV dan Internet
menjadi 1
Perkembangan bisnis
informatika di Indonesia dan Dunia.
Perkembangan bisnis TI di Indonesia cukup drastis,
hal ini didukung dengan naiknya kebutuhan pada teknologi informasi, yang
mana pada sekarang ini hampir semua kegiatan dan pekerjaan kita menggunakan
beberapa hal dari dunia teknologi informasi.
Perkembangan
ini dapat dilihat dari berbagai aspek, seperti dalam dunia bisnis. Bisnis dalam
bidang informatika ini memiliki peluang yang cukup baik dan cukup menjanjikan.
Karena itulah banyak orang yang mencoba untuk menggeluti bidang ini, seperti
bisnis hardware, software dan penyedia layanan konsultasi dan bisnis jual-beli
online.
Sekarang ini banyak perusahaan- perusahaan yang melakukan
bisnis online, seperti penjualan sepatu dan baju (toko online), mainan, bahkan
makanan juga bisa dipesan secara online. Hal ini terjadi karena internet
seperti yang kita ketahui dapat menembus batas ruang dan waktu. Oleh karena
itu, kualitas sumber daya dan fasilitas dalam bidang TIK harus selalu di
tingkatkan untuk mendukung kegiatan bisnis yang semakin maju dan mungkin akan
semakin bertambah peminatnya. Dan kita harus memperbesar porsi lokal dalam
dunia bisnis teknologi informatika di Indonesia.
Perkembangan teknologi informasi dan komputer menyebabkan
perubahan kultur kita sehari-hari yang disebut dengan “information age”. Media elektronik menjadi
salah satu media andalan untuk melakukan komunikasi dan bisnis. Meskipun
penggunaan media elektronik ini belum dimengerti, akan tetapi desakan bisnis
menyebabkan para pelaku bisnis mau tidak mau harus menggunakan media elektronik
ini.
Seperti yang kita tahu permasalahan di dunia ini
adalah “ruang dan waktu” oleh karena itu penerapan
teknologi informatika sangat dibutuhkan, maka dibutuhkan sebuah penerapan
teknologi ini untuk memecahkan masalah. Karena banyaknya permintaan dalam
teknologi informasi dan komputer di Indonesia dalam segala bidang maka munculah
perusahaan-perusahaan yang bergelut dalam bisnis informatika ini. Seperti
contohnya adalah penyedia layanan internet, software house, hosting, dll.
Perkembangan bisnis TI di Indonesia belakangan ini terjadi
peningkatan yang sangat pesat mengingat kebutuhan akan dalam bidang ini
sangatlah besar dari tahun ke tahun. Ini menjadikan bisnis informatika menjadi
salah satu bisnis yang mempunyai potensi yang cerah untuk kedepannya. Hal ini
juga harus didukung oleh sumber daya yang berkualitas, melihat kualitas
teknologi informasi dan komputer yang dituntut semakin baik setiap saatnya.
Saat ini dunia TI mengalami banyak perkembangan terutama
dalam bidang bisnis. Pada lingkungan bisnis, kehadiran teknologi informasi
mulai disadari dapat menghadirkan berbagai solusi yang dapat membantu proses
bisnis yang ada dan mengoptimalkan efesiensi bisnis berbasis teknologi
informasi. Perkembangan teknologi informasi telah berkembang luar biasa hebatnya
baik dari sisi perangkat keras, perangkat lunak, atau sumber daya manusia yang
mendayagunakannya.
Sekarang TI banyak membantu kebutuhan seseorang dan sudah
banyak orang yang terbiasa dengan komputer, bahkan dengan internet. Dunia
bisnis tentunya banyak mengalami persaingan, sehingga membutuhkan semua
informasi yang aktual, cepat dan dapat dipercaya. Semua itu menggunakan
Teknologi Informasi dan Komunikasi. Pergerakan bisnis yang semakin cepat
menuntut komunikasi (suara, data dan informasi) yang lebih lebih cepat guna
mempertahankan pelanggan, pemasok, bahkan dalam menghadapi persaingan.
Salah satu media yang digunakan dalam mengembangkan bisnis
di dunia Informatika adalah internet. Internet adalah jaringan komputer tanpa
mengenal batas jarak dan waktu yang didalamnya terdapat berbagai sumber daya
informasi dari mulai yang statis hingga dinamis dan interaktif. Maka dari itu
banyak orang bahkan perusahaan memanfaatkan internet sebagai ladang bisnis,
mulai dari menjual jasa, penjualan dan pembelian produk bahkan pemasaran suatu
produk perusahaan.
Dunia bisnis dibidang TI akan berkembang pesat dan mengalami
kemajuan dengan adanya media informasi dan perangkat teknologi yang makin
canggih. Dari dunia Maya atau internet inilah lahir sebuah social media.
internet dan social media bisa menjadi alat bagi perusahaan untuk mengenal
pasar dan konsumennya. sekarang iklan standar yang ada di televisi , majalah,
atau radio tidak lagi menjadi referensi utama bagi orang – orang yang ingin membeli
sebuah produk. social media seperti ( facebook, twitter , dll ) justru menjadi
alat promosi yang lebih efektif untuk melakukan promosi. kita ambil
contoh blog dan website jejaring social. kedua layanan ini bisa
mempengaruhi penilaian masyarakat terhadap sebuah produk. sebelum membeli laptop
misalnya, kita bisa googling dulu untuk mencari link – link yang berisi review – review terhadapa
produk laptop yang akan kita beli tersebut. Social media efektif
sebagai ajak untuk beriklan. Selain mampu menjangkau banyak audiens, iklan
social media jauh lebih diingat dan menimbulkan rasa penasaran banyak orang.
Semua perusahaan yang bergerak di bidang TIK (Teknologi
Informasi dan Komunikasi) mengandalkan HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual) di
dalam menjual produk dan jasanya. Namun penggunaan HAKI tergantung pada jenis
model bisnisnya.
Pada umumnya sekarang ini dikenal ada 5 model bisnis TIK
yang paling menonjol dalam pemanfaatan HAKI, dan di bawah ini beberapa contonya
dari perusahaan anak bangsa Indonesia (huruf miring) dan juga perusahaan asing :
1.
Lisensi produk software (contohnya perusahaan pembuat perangkat lunak seperti
Andal Software, Dycode, Oracle, dsb)
2.
Iklan (contohnya Detik.com, Google, dsb)
3.
Software sebagai layanan (contohnya Infisys Pushmail, Salesforce.com, dsb)
4.
Penjualan perangkat keras (contohnya Zyrex, Axioo, Apple, dsb)
5.
Penjual jasa konsultasi, integrasi, perawatan, training dsb
(contohnya Inixindo, Sigma, Redhat, dsb)
Perkembangan dan kemajuan bisnis informatika di negara kita
sudah sangat pesat sekali dan sangat menggiurkan. Bisnis ini akan tiada matinya
karena dunia IT setiap detik berkembang, oleh karna itu bisnis ini tidak
mungkin ada matinya. contohnya saja seperti warnet yang bagaikan
rumput liar dimana saja ada. Ini dikarenakannya masyarakat makin
membutuhkan informasi. selain warnet yaitu toko hardware yang menyediakan
segala kebutuhan di bidang IT, kita sudah tidak kesusahan lagi untuk mencari
toko komputer. selain itu masyarakat yang mempunya dana yang lebih mereka ada
yang membuat perusahaan IT Konsultan yang akan sedia selalu membantu kantor,
perusahaan dan masyarakat yang sedang membutuhkan bantuan di bidang IT.
Dalam kehidupan kita dimasa mendatang, sektor teknologi
informasi dan telekomunikasi merupakan sektor yang paling dominan. Siapa saja
yang menguasai teknologi ini, maka dia akan menjadi pemimpin dalam dunianya.
Teknologi informasi banyak berperan dalam bidang-bidang antara lain :
Bidang
pendidikan(e-education) Kecenderungan
dunia pendidikan di Indonesia di masa mendatang adalah:
Berkembangnya pendidikan terbuka dengan modus belajar jarak
jauh (Distance Learning). Kemudahan untuk menyelenggarakan pendidikan terbuka
dan jarak jauh perlu dimasukan sebagai strategi utama.
Sharing resource bersama antar lembaga pendidikan / latihan
dalam sebuah jaringan. Perpustakaan & instrumen pendidikan lainnya (guru,
laboratorium) berubah fungsi menjadi sumber informasi daripada sekedar rak
buku.
Penggunaan perangkat teknologi
informasi interaktif, seperti CD-ROM Multimedia, dalam pendidikan secara
bertahap menggantikan TV dan Video.
Bidang Pemerintahan (e-government) Bisa merupakan suatu
proses transaksi bisnis antara publik dengan pemerintah melalui sistem otomasi
dan jaringan internet, lebih umum lagi dikenal sebagai world wide web. Pada
intinya e-government adalah penggunaan teknologi informasi yang dapat
meningkatkan hubungan antara pemerintah dan pihak-pihak lain.
Bidang Keuangan dan Perbankan Saat ini telah banyak para
pelaku ekonomi, khususnya di kota-kota besar yang tidak lagi menggunakan uang
tunai dalam transaksi pembayarannya, tetapi telah memanfaatkan layanan
perbankan modern.
Layanan
perbankan modern yang hanya ada di kota-kota besar ini dapat dimaklumi karena
pertumbuhan ekonomi saat ini yang masih terpusat di kota-kota besar saja, yang
menyebabkan perputaran uang juga terpusat di kota-kota besar. Sehingga sektor
perbankan pun agak lamban dalam ekspansinya ke daerah-daerah. Hal ini sedikit
banyak disebabkan oleh kondisi infrastruktur saat ini selain aspek geografis
Indonesia yang unik dan luas. Untuk menunjang keberhasilan operasional sebuah
lembaga keuangan/perbankan seperti bank, sudah pasti diperlukan sistem
informasi yang handal yang dapat diakses dengan mudah oleh nasabahnya, yang
pada akhirnya akan bergantung pada teknologi informasi online, sebagai contoh,
seorang nasabah dapat menarik uang dimanapun dia berada selama masih ada
layanan ATM dari bank tersebut, atau seorang nasabah dapat mengecek saldo dan
mentransfer uang tersebut ke rekening yang lain hanya dalam hitungan menit
saja, semua transaksi dapat dilakukan.
Dapat kita ambil kesimpulan bahwa sanya zaman sekarang
dewasa ini berbisnis dapat dilakukan melalui udara bahwakan penjualan saham pun
dilakukan via udara. Saham Bank telah meningkat 10% sejak awal bulan seiring
yield benchmark telah naik signifikan untuk membuat pinjaman dan perdagangan
yang lebih menguntungkan. Sekarang ini banyak perusahaan- perusahaan yang
melakukan bisnis online, seperti penjualan sepatu dan baju (toko online),
mainan, bahkan makanan juga bisa dipesan secara online. Hal ini terjadi karena
internet seperti yang kita ketahui dapat menembus batas ruang dan waktu.
SUMBER PUSTAKA
Komentar
Posting Komentar